BPSDM Sulbar Ikuti Evaluasi Layanan Pengaduan LAPOR Lingkup Pemprov Sulbar

Mamuju – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Barat turut serta dalam kegiatan Evaluasi Layanan Pengaduan LAPOR Lingkup Pemprov Sulbar. Hal ini untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang digelar di Aula Marasa Corner, Kantor Gubernur Sulbar, Selasa (26/8/2025).
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang mendorong setiap instansi pemerintah untuk mengimplementasikan aplikasi LAPOR secara aktif dalam mengelola pengaduan masyarakat.
Plt. Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sulbar, Muh. Ridwan Jafar, menegaskan pentingnya menjadikan masukan masyarakat sebagai bahan perbaikan. “Kritikan, keluhan, dan saran dari masyarakat harus kita jadikan vitamin untuk pengembangan pelayanan. Peran admin penghubung di masing-masing OPD juga perlu ditingkatkan,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Sulbar, drg. Asran Masdy,S.Kg., MAP, menyampaikan bahwa penguatan kapasitas SDM pengelola pengaduan menjadi hal krusial. “Kami berkomitmen mendukung peningkatan kompetensi admin penghubung agar pengaduan masyarakat dapat ditangani secara lebih cepat, tepat, dan solutif,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga ditegaskan arahan Gubernur Sulawesi Barat, Dr. Suhardi Duka, MM, bahwa pengelolaan pengaduan publik harus diarahkan untuk mendorong terwujudnya pelayanan yang transparan, akuntabel, dan semakin dekat dengan kebutuhan masyarakat.
Pemanfaatan kanal pengaduan pun diharapkan lebih masif dengan berbagai inovasi, termasuk video singkat berbasis kearifan lokal. Solusi yang ditawarkan dalam forum ini antara lain coaching clinic, penguatan kapasitas admin penghubung, serta sosialisasi melalui media sosial.
Melalui kegiatan ini, diharapkan pengelolaan pengaduan publik di Sulawesi Barat dapat berjalan lebih responsif, partisipatif, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan masyarakat.